Laman

Monday, July 20, 2015

tips-tips berinvestasi di pasar modal untuk pemula


  1. Tweeps, weekend kali ini kita akan membahas tentang tips-tips berinvestasi di pasar modal untuk pemula.
  2. Seperti yang kita tahu,di era sekarang ini banyak masyarakat yang sudah mulai berinvestasi di properti, emas, pasar modal, dan lain2.
  3. Nah tentunya saat ini deposito tabungan sudah tidak cocok lagi disebut sebagai sarana investasi.
  4. Deposito tabungan saat ini lebih cocok dikatakan sebagai sarana utk “menyimpan” uang, bukan untuk “investasi”.
  5. Yuk kita mulai “kepo” dengan serba serbi investasi di pasar modal. Simak yah tips2nya!
  6. Apa saja tips2 yg perlu kita perhatikan sebagai calon investor/bahkan sekarang sudah menjadi investor pemula di pasar modal?
  7. Profil risiko, tujuan, dan jangka waktu adalah tiga hal yang haruskita perhatikan dalam berinvestasi, apalagi utk pemula.
  8. Ke-tiga hal tadi harus diperhatikan guna untuk menjaga keamanan dan kenyamanan kita dalam berinvestasi di pasar modal.
  9. Tips investasi yg pertama adl kita harus mengenali diri sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan utk berinvestasi, maksudnya?
  10. Yang dimaksud mengenali diri sendiri adl kita harus mengetahui berapa banyak modal yang kita miliki untuk berinvestasi.
  11. Modal yang akan kita gunakan utk berinvestasi sebaiknya adalah “dana nganggur”. Apa itu dana nganggur?
  12. Dana nganggur adalah dana yang bukan digunakan untuk keperluan sehari-hari ataupun tidak untuk cadangan utk keperluan darurat.
  13. Lalu bagaimana jika kita belum punya modal tapi ingin sekali berinvestasi?
  14. Jika kita belum punya modal utk berinvestasi, maka mulailah dengan menabung terlebih dahulu utk mengumpulkan modal.
  15. Nah setelah kita mempunyai dan mengetahui modal yang dimiliki, kemudian kita harus tahu bagaimana profil risiko diri kita. Kenapa?
  16. Karena imbal hasil yg kita harapkan dalam berinvestasi juga akan selalu terkait dengan tingkat risiko yang harus kita tanggung.
  17. Yang dimaksud profil risiko adalah kemampuan seseorang dalam menerima/menolerir risiko yang berpotensi muncul saat berinvestasi.
  18. Profil risiko investasi setiap orang pasti berbeda-beda dan sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor, contohnya?
  19. Profil risiko seseorang dipengaruhi oleh usia, karir, keuangan keluarga, & besarnya jumlah investasi serta toleransi thd suatu risiko.
  20. Pada umumnya, ada tiga jenis profil risiko yang terdapat dalam diri setiap orang, apa saja? Ada yang tahu?
  21. Profil risiko yg pertama adl konservaitf,orang dg profil risiko konservatif cenderung takut/tidak berani mengambil risiko thd investasi.
  22. Orang2 dg profil risiko konservatif cocok utk berinvestasi produk-produk pasar modal seperti obligasi ataupun reksadana pendapatan tetap.
  23. Profil risiko yg ke-dua adl moderate, orang dg profil risiko moderat ini berani mengambil risiko lebih tinggi dibanding konservatif.
  24. Orang2 dg profil risiko konservatif lebih cocok utk berinvestasi di produk-produk pasar modal seperti reksadana campuran.
  25. Profil risiko yg ke-tiga adl moderate agresif, orang dg profil risiko agresif berani mengambil risiko tinggi terhadap investasinya.
  26. Orang2 dg profil risiko konservatif lebih cocok utk berinvestasi di produk-produk pasar modal seperti saham maupun reksadana saham.
  27. Nah dari ke-tiga jenis profil risiko yg sudah disebutkan, mana kah profil risiko yang tepat mendeskripsikan diri Anda?
  28. Setelah kita mengetahui profil risiko kita, tips investasi selanjutnya adl menentukan tujuan dan jangka waktu investasi. Gimana caranya?
  29. Misalnya, kita ingin membeli kendaraan dlm jangka waktu 1 thn ke depan, ingin membeli rumah dlm jangka waktu 2 thn ke depan, dsb.
  30. Menentukan jangka waktu dalam berinvestasi merupakan faktor penting untuk memilih jenis investasi yang sesuai.
  31. Jenis investasi yang tepat untuk tujuan jangka panjang tentunya tidak sesuai dg investasi untuk tujuan jangka pendek, dan sebaliknya.
  32. Tujuan kita berinvestasi harus diurutkan berdasarkan prioritas yang sudah kita susun.
  33. Kita akan lebih mudah menentukan urutan prioritas di antara beberapa tujuan investasi dg mengenali profil risiko kita.
  34. Misalnya, kita mempunyai tujuan investasi jangka panjang sekitar 5 thn, maka kita bisa memilih berinvestasi saham/reksadana saham.
  35. Yang jelas, sebagai investor pemula kita dilarang terburu2 langsung “menerjunkan” uang kita ke bursa tanpa persiapan matang.
  36. Noted!Kenali dulu diri kita,profil risiko,brp modal yg dimiliki,tujuan & jg jangka wkt investasi agar sukses berinvestasi di pasar modal.
  37. Demikian twit tentang “tips2 investasi di pasar modal utk pemula” hari ini, semoga menambah wawasan dan salam profit !!!





No comments:

Post a Comment