Laman

Wednesday, July 8, 2015

The Fed dan IHSG


  1. “The Fed dan IHSG”, apa sih The Fed & pengaruh kebijakan2nya terhadap pergerakan bursa lokal kita ? yuk simak!
  2. Sebelum kita tahu apa pengaruhnya The Fed terhadap IHSG yuk pertama-tama kita mengenal The Fed terlebih dahulu.
  3. The Federal Reserve adalah Bank Sentral Amerika Serikat yang tugasnya sama dg Bank Indonesia, yaitu mengatur tingkat suku bunga.
  4. The Federal Reserve atau yg lebih popular dg sebutan “The Fed” berdiri pada tahun 1913 di Amerika Serikat.
  5. Sama halnya dengan Bank Indonesia, The Fed juga memiliki beberapa cabang yg terletak di kota2 besar Amerika Serikat.
  6. Tim yang paling berkuasa dalam struktur The Fed adalah Federal Open Market Committee atau FOMC
  7. Tim Federal Open Market Committee atau FOMC bertugas untuk menentukkan seluruh kebijakan2 The Fed.
  8. Karena Amerika Serikat adl Negara yg memiliki kekuatan terbesar di dunia maka kebijakan The Fed sangat mempengaruhi ekonomi negara lain.
  9. The Fed di AS juga yg menyetir kebijakan moneter di Amerika Serikat sehingga The Fed mampu menentukan pergerakan ekonomi dunia.
  10. Kebijakan-kebijakan The Fed juga sangat menentukan arah dan pergerakan pasar modal di seluruh Negara, termasuk di Indonesia.
  11. Kabarnya, The Fed tidak akan terburu-buru menaikkan “Fed Rate” alias suku bunga acuan. Lalu apa dampaknya terhadap IHSG?
  12. Yang harus kita ketahui adl “Fed Rate” di Amerika Serikat itu sama saja pengertiannya dengan “BI Rate” di Indonesia.
  13. Suku bunga yg diatur oleh Bank sentral di sebuah Negara dijadikan sbg acuan suku Bunga simpanan di bank maupun bunga kredit.
  14. Besarnya penetapan suku bunga di sebuah Negara juga menjadi acuan bagi lembaga-lembaga keuangan di Negara tsb.
  15. Notabene bank sentral kita adl Bank Indonesia, namun apapun kebijakan The Fed akan mempengaruhi IHSG, kok bisa?
  16. Pada dasarnya The Fed menetapkan Fed Rate dalam rangka utk mengontrol laju inflasi dan pertumbuhan ekonomi di Amerika Serikat.
  17. Ketika Fed Rate naik maka otomatis bunga kredit ataupun bunga simpanan di bank-bank Amerika Serikat akan naik juga.
  18. Nah jika bunga simpanan di Bank2 Amerika Serikat naik maka akan meningkatkan jml investor yg menaruh dananya di deposito.
  19. Semakin tinggi bunga deposito maka investor Amerika Serikat akan lebih tertarik utk menabung di bank.
  20. Ketika suku bunga di AS naik juga sangat memungkinkan pelaku pasar berinvestasi di obligasi karena bunga obligasinya juga naik.
  21. Para pelaku pasar merasa khawatir jika The Fed menaikkan suku bunga maka akan mempengaruhi jumlah dana asing di bursa lokal.
  22. Selain suku bunga The Fed, pelaku pasar di AS juga selalu mempertimbangkan data-data makro ekonominya utk keputusan investasi.
  23. Jika suku bunga di AS naik maka memungkinkan investor2 asing yg berinvestasi di Indonesia akan menarik dananya dan ditabung di bank2 AS.
  24. Jika banyak dana asing yang ditarik dari bursa lokal maka memungkinkan IHSG juga akan mengalami penurunan dan tertekan.
  25. Lalu jika The Fed menaikkan suku bunga apakah akan selalu membuat IHSG mengalami penurunan? Jawabannya adl blm tentu.
  26. Pergerakan IHSG tidak berporos pada suku Bunga acuan dr The Fed, namun juga ada faktor-faktor lainnya, misalnya?
  27. Faktor2 yang mempengaruhi pergerakan IHSG antara lain inflasi, BI Rate, kebijakan2 ekonomi di Indonesia, kinerja emiten, dsb.
  28. Jika kita sbg pemodal ingin berinvestasi saat The Fed benar2 menaikkan suku bunga maka kita harus mencermati faktor2 kuat lainnya.
  29. Fed Rate merupakan salah satu faktor dari sekian byk faktor yang mempengaruhi arah dan pergerakan pasar modal di Indonesia.
  30. Fed Rate hanyalah salah satu faktor eksternal yg mempengaruhi IHSG,tdk secara langsung berhubungan dg internal perekonomian Indonesia.
  31. Wajar jika pelaku pasar khawatir dg kebijakan The Fed, namun kita sebagai pemodal juga harus tetep melihat faktor2 lain di luar itu.
  32. Jika The Fed menaikkan suku bunga & IHSG mengalami koreksi maka investor dlm negeri justru bisa “shoping” saham2 bagus yg murah.
  33. Trader-pun juga tetap bisa memanfaatkan fluktuasi pergerakan IHSG di tengah2 pelaku pasar menunggu kepastian The Fed.
  34. Hanya saja di tengah2 kepastian The Fed terkait suku bunga ini membuat pergerakan IHSG cenderung sideways.
  35. Sebagai pemodal, mari kita tunggu kabar The Fed selanjutnya dan tetap fokus merencanakan investasi kita dg baik.
  36. Demikian tweet tentang “The Fed dan IHSG” hari ini, semoga menambah wawasan dan salam profit !!!




No comments:

Post a Comment