Laman

Sunday, August 23, 2015

Trading Profits Solo 2015

.

Training 2 hari ini harganya Rp 3.500.000 ( Tiga Juta Lima Ratus Ribu Rupiah) dan didalamnya belajar software yang harganya Rp 4.750.000 ( Empat Juta Tujuh Ratus Ribu Rupiah ). Jadi total jendral harus keluar dari kocek Rp 8.250.000 ( Delapan Juta Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah ) [USDIDR sekitar Rp 14.000] dan tidak ada jaminan keberhasilan. Bagaimana menurut bapak ibu sekalian ???




Trading Profits kali ini diikuti 56 peserta, luar biasa banyak sekali untuk belajar sesuatu yang sangat detil dan banyak, apalagi buat mereka-mereka yang baru kenal amibroker atau chartnexus. Namun mereka yang datang baik dari pulau ini maupun luar pulau memang luar biasa antusias, hampir semua peserta membawa laptop ( g tau punya sendiri atau minjem :D ) malahan ada beberapa yang bawa Mac. Wow memang sudah tajir kali.

.

Dari beberapa yang testimoni hari kedua, mereka memang sudah pernah mencicipi bursa saham cuman mungkin hasilnya kurang memuaskan atau malah sangat menyayat hati :'(
Orang yang sudah kalah dan masih mau belajar itu yang sangat jarang, dan orang-orang yang duduk di kelas ini punya ciri khas itu.


Jadi kalau dianggap mahal, ya apa tolok ukurnya atau apa pembandingannya ? Mobil LCGC harga Rp 100.000.000 -an ( Seratus Juta-an Rupiah ) dianggap murah tho. Karena mobil itu dibanding dengan mobil lain yang lebih mahal. Kalau dibanding nasi kucing pasti lebih mahalkan  ??

Di akhir acara ketahuan ada dua peserta yang re-seat, Pak Timotius dan Pak Hermawan Liem, kalau Pak Timotius ikutnya yang pertama kali aku g tau cuman kalau yang satunya itu aku tahu.


Tanggal 12 agustus 2015, tumben ada email LOWONGAN TUTOR. Gak sampai lewat jam aku sudah daftar aja, karena lumayan kan dapet sarana  Gratis mengikuti ulang seminar TP 22-23 Agustus 2015. Tanggal 18 agustus 2015 aku di-tes dan ku-selesaikan satu hari berikutnya, alhamdulillah dapet jawaban, dan jadi deh Tutor Trading Profits Solo 2015.

Buka-buka yahoogroups, ternyata aku ikut Trading Profits Solo tanggal 17-18 Desember 2011. Waktu itu harga training dua hari masih Rp 2.250.000 dan Amibroker profesional masih Rp 2.250.000 juga ( jadi amibrokernya sudah naik lebih dari 100 persen ). Sudah mau empat tahun, rasa-rasanya aku sudah jauh berubah cara tradingku, cara pandang tradingku dan hasil yang lebih bisa diandalkan. Kesimpulanku Trading di Bursa Saham untuk dapat hasil yang konsisten itu memang tidak mudah, tapi bisa lho.

141 comments:

  1. Mungkin saya belum sepenuhnya begitu faham tentang trading profit dan apa itu amibroker atau chartnexus? tapi setelah saya membaca pengalaman pak nanung tentang trading profit tsb. Saya ingin mencari tahu apa itu amibroker atau chartnexus

    ReplyDelete
    Replies
    1. versi trial dari AMIBROKER bisa langsung di coba bos, kalau CHARTNEXUS emang gratis sih, kalau dah lebih mahir kabar-kabar nggih

      Delete
  2. Mungkin saya juga sama, tidak paham tentang saham trading profit. apa itu seperti forex itu ya pak Nanung? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saham beda banget sama Forex, forex memang lebih populer di kita karena marketing yg luar biasa agresif, sementara saham banyak aturan di marketingnnya. Oia, TradingProfits itu nama workshopnya. Kalau ada minat dibidang ini mending banyak baca buku dulu dari orang-orang yg sudah terbukti hebat dibidang ini. Jangan pernah dengerin yg bukan ahlinya.

      Delete
  3. wah mantabs pak jadi tutor :D,...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah bos, namanya baru dapet rejeki nomplok

      Delete
  4. hehehe....
    saya g paham pak tentang trading profit.
    tak googling dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir bos,ditunggu hasil risetnya

      Delete
  5. pelatihan dgn software atau pelatihan trading saham gitu???????

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelatihan analisis teknikal untuk trading saham dengan software amibroker

      Delete
  6. Trading Profits...???
    wah baru baca ini apa yang di maksud dengan trading profit...
    udah baca juga tetapi aku juga belum pahan inti dari trading prits serta tujuan utamanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bos udah kerso baca, moga kalau suatu saat nanti berjodoh dengan dunia ini sudah tidak buta sama sekali

      Delete
  7. saya masih belum paham dengan yang namanya tranding pak..hahahaa

    ReplyDelete
  8. apalagi saya juga ndak paham yang namanya trading pak... hehe cuma sering denger saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sudah sering denger Bu, matur nuwun sampun kerso mampir.

      Delete
  9. keuntungan apa yang di dapat dengan mengikuti pelatihan ini di bandingkan dengan langsung terjun pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mengawali praktek langsung dg modal pengetahuan dari baca buku, sampai aku mengalami banyak hal, g bisa tidur, muntah, kerugian uang yg besar porsinya, marah-marah terus dsb. Dampak psikologis yg kualami luar biasa. Makanya aku beli buku ini sampai 3 kali YANG PALING PENTING BUAT TRADER

      Dari yang kualami itu aku masih memburu buku-buku lagi tapi pengalaman berharga itu membuatku punya ukuran, mana pengarang buku yg praktek atau sekedar memindahkan isi buku orang lain ke buku yang dia tulis.

      Pelatihan ini membukakan jalan buatku kepada siapa saja aku harus belajar, karena di dunia trading yg ‘antah berantah’ ini banyak orang ngaku-ngaku jagoan. Macam banyak orang ngaku bisa mrogram cumin kalo error dia bingung he… he… he… he… Kalau kita mau jadi pembalap ya cari Valentino Rossi bukan Tukang Ojek tho.

      Prinsip umumnya belajar-praktek-evaluasi-jeda-ulangi.

      Kalau kata John Assaraf
      1. Lupakan pendapat kebanyakan orang
      2. Cari ahlinya
      3. Cross Reference – Cek Silang
      4. PERCAYA PADA DIRI SENDIRI
      5. AMBIL TINDAKAN


      Semoga bermanfaat.

      Delete
  10. Replies
    1. amin, terima kasih atas do'a-nya, terima kasih sudah mampir

      Delete
  11. Baca dulu Pak..
    Belum paham maksudnya..
    Sukses selalu Pak Nanung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Bu
      Ditunggu progress-nya setelah membaca
      Amin Allohumma Amin

      Delete
  12. Boleh ini dicoba... Kapan ada training di Kalimantan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kapan di Kalimantan coba tanya ke PAKAR SAHAM, selama ini hanya di jawa dan itupun paling sering di jakarta dan surabaya. Oia terakhir ku dengar mau ada di Medan dan Makasar.

      Apa sih yang bikin njenengan mau nyoba ?

      Delete
  13. Wah Pak Nanung ternyata sudah mulai duluan, bank kustodiannya pake apa pak yg enak disolo?

    ReplyDelete
  14. sistem cara kerja gmana pak????slmat y jd tutorny hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku kurang mengeri dg yang bos maksud dg "sistem cara kerja", Aku sendiri ikutan dulu gara-gara baca buku pertamanya SMART TRADER NOT GAMBLER. aku merasa buku itu sangat realistis sekali, banyak hal yang kualami dan kupejari dari trading sebelumnya sangat pas sekali tertulis disitu, jadi aku berani masuk kelasnya waktu ada di Solo.

      Kalo buku keduanya SMART TRADER RICH INVESTOR itu lebih luas dibanding yang pertama tadi.

      Kalau jadwal Trading Profits biasanya ada disini

      Nah aku kan belum tahu pengalaman anda bos ? Maaf andai panjenengan belum tahu sama sekali ada baiknya baca kedua buku itu dulu sampai nglothok, install software yg ada di CD-nya. Baru ikutan workshopnya.

      Delete
  15. unjuk 2 jempol buat Pak Nanung....
    meskipun masih sangat awam sama yang namanya trading,tp salut buat Bapak....
    bagi-bagi tipsnya dong Pak, bagaimana cara mngetahui passion dalam diri, dan harus bagaimana biar sukses menekuninya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. (1) kok jempolnya cuman dua, bukannya punya jempol 4 :D, btw matur nuwun sudah dijempoli
      (2) di trading aku masih awam juga dan belum tahu kapan aku bisa bilang diriku sudah bisa, aku di trading masih baru masih harus tekun dan rajin belajar
      (3) kebanyakan teknik yg kufihaki adalah menyediakan waktu yg cukup banyak untuk berkomunikasi dg diri sendiri. Tools yg bisa dipakai bisa wirtten dairy, voice diary, video diary, cermin juga OK. Di written di diary bisa menuangkan tulisan atau mind map. Dan aku berusaha untuk membaca ulang apa yg aku sudah "goreskan" itu. Krn bisa jadi memaknainya berbeda banget saat nulis dan ketika membaca ulang.
      (4) bagaimana untuk success -> pertama harus menentukan tujuan, karena success itu pencaipaian tujuan.
      (5) menekuninya .... => kalau tujuan yg kita pilih itu sangat berarti kita pasti sanggup menjalaninya. Kalau tujuan yg dipilih tidak berarti alias tidak tercapai tidak apa-apa kita cenderung tidak menjalaninya dg tekun.

      *semoga bermanfaat*

      Delete
  16. slmt yea pak dh jadi tutor :) smga tmbh sukses :y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Pak Didik, amin. Terima kasih sudah kerso mampir.

      Delete
  17. Waah jadi tutor sekarang bapak..trading..dari dulu tertarik sih soal saham..tapi karna blom paham dan blum ngerti jadi ndak mau nyoba2..sukses ya pak..muga lancar terus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi Tutor baru sekali ini kok Pak, semoga bisa terulang. Kalau masih belum faham dan ingin faham aku sangat rekomen buku ini. Prinsip anda sudah sangat benar sekali. "BLUM NGERTI JADI NDAK MAU NYOBA2"

      *CMIIW, semoga bermanfaat*

      Delete
  18. super sekali pak nanung...
    beda nggak dengan sistem perdagangan valuta pak?
    saya pernah ikut trading forex, tempatnya di BEJ. Usia saya masih sangat muda saat itu, tidak berani berspekulasi. apalagi sistem kerja yang harus standby setiap saat, membuat saya tidak melanjutkannya.
    semoga lancar jaya yah pak nanung...

    ReplyDelete
    Replies
    1. (a) Alhamdulillah panjenengan sudah pernah trading forex 30 tahun yang lalu. Sebagai catatan saya belum pernah trading forex, saya belajar forex waktu sekolah cuman 1 semester (tugas seminar saya sendiri) dan waktu itu ada tugas seminar temen yang lain yaitu ReksaDana ( istilah internationalnya Mutual Fund ) , Value Investing ( berinvestasi di bursa saham ala Warren Buffet ) dan analisis Portofolio. Walau waktu itu saya paling memahami Forex dibanding teman-teman, tapi saya jauh lebih tertarik pada Reksa Dana dan Value Investing. Jadi ketika balik ke solo 2001 saya fokus belajar Reksa Dana dulu.

      (b) Kalau sumber pengetahuan atau informasi tentang ber-urusan sendiri langsung ke bursa saham memang masih harus berburu di toko buku sekelas Amazon dot com, kalaupun ada terjemahan bahasa indonesia tetap kita harus tahu istilah bahasa inggrisnya karena bisa jadi si penterjemah bukan orang yg terjun di dunia itu, dan juga bisa jadi yg terjun di dunia itu tidak mau menterjemahkan buku mungkin karena dapet imbalannya …... begitulaaahhh :D

      (c) Hebat sekali panjenengan sudah menggunakan SPEKULASI bukan berjudi atau bermain, karena itu sangat amat berbeda.

      (d) Forex itu kan uang/currency sementara saham itu tanda bukti kepemilikan perusahaan, dari pengertian itu menimbulkan banyak sekali konsekwensi, misal forex lebih mudah cair, saham per negara beda bursanya dan sebagainya.

      (e) Forex leverage-nya gede banget misal kita beli U$ 100 bisa cukup dg modal U$ 1 alias leverage 1 : 100, sementara saham di kita maksimum 1 : 4 itupun aku lebih sukaa yg tanpa leverage, lebih sesuai dg kepribadianku.

      (f) Forex jam pasarnya 5 hari dan 24 jam sehari, sementara Saham hanya jam kantor saja.

      (g) Di indonesia Forex ada marketnya namanya BBJ Bursa Berjangka Jakarta sementara saham di BEJ Bursa Efek Jakarta.

      (h) Forex memang lebih terkenal di kita, bisa jadi karena banyak kegiatan marketing terutama dari broker luar yg sangat agresif, setahuku ada MLM-nya juga, sementara Saham tidak sekuat itu marketingnya.

      Terima kasih sudah merespon, semoga bermafaat.

      *CMIW – Correct Me If I'm Wrong*

      Delete
  19. pak nanung semakin di depan aja, aku di belakangmu (y) (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin terima kasih, kok tahu motorku YA**H* Bos ?

      BTW terima kasih sudah mampir.

      Delete
  20. gak paham aku pak... tp yen moco pengalamane wong sukses ki pengen ketularan... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menjadi Ahli kan selalu di awali dg Gak Paham tho bos. Ada sudah dekat dengan sukses bos karena prinsip yg anda pegang itu, PENGEN KETULARAN.

      Delete
    2. q blm paham mslah trading, tp q pngen tau bwt nmbh ilmu..

      Delete
    3. super sekali Mbak, terima kasih sudah berkenan untuk mampir

      Delete
  21. hemm sepertinya masih belum paham

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga masih harus banyak dan tekun belajar kok bos

      Delete
    2. Trimakasih pak dosen,.. yg sdah ngasih nilai B,. G nyambung yaa,. Hehehe pngn belajar caraya bisnis saham

      Delete
    3. Matur nuwun juragane sampung kerso mampir.

      Delete
  22. Saya perlu belajar ni sama Pak Nanung, kapan2 tak sinau dulu hehe
    siapa tau ilmu dan rejekinya nular ke saya wkwkwk
    peace pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih belajar kok Abu Ilham, masih banyak yg aku belum faham.

      Delete
  23. gak paham mengenai hal tsbut bos... sorry bos... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih harus belajar lagi kok Pak Heri, rasanya kalau panjenengan kerso belajar pasti bisa lebih faham.

      Delete
  24. Replies
    1. Terima kasih Pak Ustad atas koreksinya dan sekali lagi terima kasih sudah kerso mampir.

      Delete
  25. sip..!! sMangaT.. tp mF sy blm bs connect pak

    ReplyDelete
  26. Replies
    1. Aku juga baru tahu kok bos

      *Larry William pemilik ireallytrade dot com bikin webminar tentang pengalamannya 50 tahun trading, jadi aku masih bau kencur bos*

      Delete
  27. Selama ini hanya tau trading forex dan binary..
    Dan baru tau Ilmu baru ini hehehe dari pengalaman pak nanung, sangat bermanfaat .. Salam Sukses . :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Super sekali Pak Triyono, sudah banyak pengalaman rupanya di dunia Trading Forex dan Binary Options. Terima kasih Pak sudah mampir, semoga bermanfaat.

      Salam Dahsyat.

      Delete
  28. Assalamu'alaikum.. sepuranipun mas.. kulo dereng begitu faham..hehehe..
    sekses mawon lah kagem mas nanung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumsalam.. maturnuwun Pak Ustad sampun kerso mampir, semoga bermanfaat mawon.

      Delete
  29. Replies
    1. Terima kasih Bos, salam super juga. Semoga bermanfaat.

      Delete
  30. Pak Bos Nanung jempol kagem sampeyan, anda memang multitalenta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah dikasih jempol. Aku yakin semua orang multi-talenta, tinggal beliaunya mau tidak untuk menemukan talentanya yang sudah diberikan padanya.

      Delete
  31. Replies
    1. Semoga bermanfaat Bu, terima kasih sudah berkenan mampir.

      Delete
  32. dulu sempat belajar trading, tapi gak dilanjutkan, kayak e asik klo bisa belajar lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau punya siklus belajar-praktek-jeda-ulangi, lama-lama pasti lebih pinter kan !

      Delete
  33. belum terlalu ngeh pak tentang trading.. tapi kalau untuk di Solo sendiri apa udah banyak nggih pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. (1) Kalau belum ngeh ya sebaiknya TIDAK usah saja, trading TIDAK untuk semua orang !
      (2) Yang ikut trading lebih banyak rugi dibandingkan yg untung, jadi kalau berminat HARUS serius !!
      (3) Di solo harusnya sih banyak, awal tahun 2000-an banyak sekuritas buka cabang di solo padahal mereka tidak punya cabang di Semarang dan Jogja, terus waktu ikut sebuah sekuritas besar kalau ngadain gathering selalu di solo. Terus waktu itu banyak sekuritas ramai pada trading-berjamaah di kantor sekuritas tersebut.
      (4) Kalau banyak itu dimaknai sebagai prosentase kira-kira di Indonesia seper-sepuluh persen aja.
      (5) Buatku banyak atau sedikit bukan pertimbangan sih, yang penting siapa yang terbaik dibidang itu dan adakah jejaknya bisa aku ikuti, nurut aku lho.

      Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

      Delete
  34. info baru untuk saya....terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat Bos, terima kasih sudah berkenan mampir.

      Delete
  35. terimakasih infonya om... ●๋•Î·Î¹¢Ñ” ιηƒσ●๋•

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali Om, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkenan mampir.

      Delete
  36. Nice Info mas bro,... mungkin bukan jalan saya untuk banting stir ke dunia yg masih awam di mataku,..
    next time mas bro :D
    but Do the best, for the best,. for our life :D,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trading memang tidak untuk semua orang bos, lebih baik menekuni jalan yang sudah dipilih. Terima kasih sudah mampir. Semoga bermanfaat.

      Delete
  37. baru tau soal trading profit. yg srg saya dgar cma trading forex. terimakasih pak infonya, jd nmbah ilmu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trading Forex memang sangat populer Bu, salesnya aja bertebaran sampai ke gang-gang. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

      Delete
  38. ada kah ... group facebook yang membahas untuk pelajaran trading.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tidak tahu bos, cuman kalau sekedar group kan g tau "kualitas" peserta grup tersebut. Jadi kufikir mending ikutan yg "kualitas"-nya sudah banyak di-akui. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

      Delete
  39. Setelah baca langsung berfikir.
    Itu apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu training tentang trading saham di bursa efek indonesia Pak

      Delete
  40. Replies
    1. Silahkan, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah berkenan mampir.

      Delete
  41. Wah, ga ngerti soal trading2an, Pak. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini trading beneran kok, bukan trading2an :D , makasih sudah mampir bos, semoga bermanfaat.

      Delete
  42. Maaf pak hehe baru komentar
    saya masih awam dengan trading profit jadi belum terlalu paham
    tapi menarik pak
    sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur nuwun sampun kerso mampir Bu
      alhamdulillah sudah ada yg difahami walau belum terlalu
      semoga setelah tertarik jadi terdorong untuk belajar lanjut
      amin, semoga panjenengan sukses dan sukses

      Delete
  43. Sip Pak Nanung, semoga sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bos, amin, semoga panjenengan sukses dan sukses

      Delete
  44. Terima Kasih Bu, selamat juga buat S.Kom panjenengan. Semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  45. Siiiip ... matur nuwun infonya Pak ...

    ReplyDelete
  46. Well done Bos Nanung! Congratulation yaaa ^_^ Kalau aku mah gak paham soal saham or forex...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali Bos, gak paham saham dan/atau forex gak masalah, masih banyak yang menarik kok di kehidupan ini. Terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat.

      Delete
  47. Bagaimana ini pak ? Gak tau sama sekali. Achmad Maulana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku masih belajar kok bos, semoga bermanfaat. Terima kasih sudah mampir.

      Delete
  48. Replies
    1. Njih matur nuwun sanget sampun kerso mampir, mugi saget manfaat.

      Delete
  49. Keren Pak,,,bagi ilmunya pak, bagaimana saya harus mengawali belajar dan mencoba trading saham, karena ini saya baru coba-coba juga di agea.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banyak atas 'kerennya' Pak Bos

      Buatku ilmu itu tidak bisa dibagi, yang bisa kita lakukan adalah minta sama Alloh Ta'ala agar diberi ilmu dan kefahaman.

      Yang aku pelajari adalah melakukan bisnis di BURSA EFEK JAKARTA ( yg sekarang ganti nama jadi bursa efek indonesia), bukan bursa efek new york alias wallstreet.

      Aku mengenal dunia ini sekitar tahun 1999-2000, balik ke solo 2001 masih mencari informasi kesana kemari akhirnya setelah 3 tahun baru mencicipi reksadana. Reksadana waktu hasilnya bagus sekali bisa sampai 100% persen lebih dalam 1 tahun namun ketika krisis global 2008 reksadana anjlok 50%, waktu itu aku sampai dateng ke securities tempat aku naruh dana dan analis dari kantor pusat “jamin” kalau tidak akan bursa jatuh begitu dalam. Cuman kenyataan bicara lain bursa rontok sangat tajam. Mulai detik itu aku berkomitmen untuk belajar berurusan langsung dengan bursa saham.

      Habis itu aku menyapu buku yang ada hubungannya kesitu, baca dan ringkas. Mencoba melakukan urutan langkah rekaanku dan akhirnya aku tahu aku bukan apa-apa, derita berurusan langsung dengan bursa itu luar biasa menyakitkan. Akhirnya kuketemu buku SMART TRADER NOT GAMBLER, kok rasanya buku ini seperti yang kualami, memang urutan tulisannya masih bisa diperbaiki tapi isinya persis yang kualami selama berurusan dengan bursa saham.

      Akhirnya aku ikutan trainingnya ( seperti yg kutulis di postingan ini ), apakah habis ikut langsung bisa, JAWABANNYA TIDAK. Cuman aku dapat pencerahan, ouw ternyata ada yg bisa, dan caranya “begitu-begitu saja”. Kalau ada masalah kemaren dg caraku berurusan itu salahku, aku terlalu rumit dan tidak tahu batas-batas masih perkakas yang sudah aku pelajari, serta masalah terbesar itu aku bukan market.

      Sebagian besar yang ikut memang “ORANG YANG SUDAH PERNAH KALAH DAN TIDAK MENYERAH” bukan orang yang sama sekali baru. Nanti kalau ikutan training sejenis ya ketemunya orangorang itu lagi, karena mereka memang dahsyat luar biasa, bukannya tahan pukul tapi selalu mau bangkit setelah kena pukulan K.O.

      Bagaimana harus mengawali belajar, sebaiknya ditanyakan lagi pada diri sendiri apakah jalan panjenengan akan disini, karena berbisnis macam ini TIDAK MUDAH, aku barus sedikit baca buku kira-kira 2 kardus air mineral 600mm, beberapa webminar aku ringkas, ringkasannya kira-kira sudah 1 rim dan terus bertambah.

      Selamat datang di dunia menantang ini, kalau mau pasti bisa. Kalau tidak ketemu jalannya ya dibangun sendiri jalannya.

      BUKU PERTAMA PENGANTAR BURSA EFEK INDONESIA


      Semoga bermanfaat.

      Delete
  50. Replies
    1. Terima kasih sudah kerso mampir Bu, semoga bermanfaat.

      Delete
  51. Pak nanung boleh donk tulari keberhasilan ya ; )

    ReplyDelete
  52. ga mudeng say tentng trading profit.. tp selamat ya pak...

    ReplyDelete