Laman

Tuesday, November 29, 2016

100 Nidan Kudungan

Mengapa 100 Nidan, karena sebenernya goal utamanya adalah 10.000 ( sepuluh ribu KYU 1 ). Kenapa KYU 1 ? Karena ujian sampai tingkatan itu masih pakai tariff rupiah sementara kalau ujian DAN itu tariffnya sudah pakai YEN atau mata uang lain setara nilai itu. Perbandingan besarnya nilai ujian KYU 1 dan DAN 1 itu bisa 1 banding 30 atau 1 banding 40. Jadi wajar kalau hambatan untuk naik tingkat ke DAN 1 itu salah satunya biaya. Sementara kalau seseorang sudah sampai tingkat KYU 1 dia setidaknya sudah 230 hari latihan dan itu tentunya membuat seseorang berbeda secara fisik semoga secara mental juga berbeda.


Terus kenapa intermediate goal-nya 100 Nidan ? Karena Nidan-lah yang punya hak untuk menguji semua KYU jadi kalau 100 Nidan harapannya adalah setiap Nidan dapat mencapai target 100 ( seratus ) KYU 1. Artinya setiap Nidan sudah mandiri mengelola dojonya sendiri-sendiri, atau mereka tetap berkelompok dan sanggup untuk dijadwal demi mengejar target 10.000 ( sepuluh ribu ) KYU 1.

Skenario 10.000 KYU 1 tanpa 100 NIDAN memang bisa dimulai misal di suatu Universitas memberikan insentif untuk muslimah yang mau ikut aikido, setiap kenaikan KYU ada insentif tambahan, Rasa-rasanya ini sangat mudah untuk dimulai, apalagi kalau ada khusus kelas akhwat.

Sudah pasti menantang sekali memulai dan menjalaninya sepanjang waktu kalau ketemu yang bersemangat luar biasa sejumlah seratus orang bisa jadi hal itu jadi mudah, namun selama ini hal itu tidaklah mudah. Di Enryukai Bandung yang sudah 30 tahun tahun 2017 saja jumlah ShoDan cewek saja mungkin belum sampai 10 orang. [ barusan chat eh ternyata seingat dia cuman 4 orang ]. 

No comments:

Post a Comment