Laman

Friday, August 9, 2013

Kenangan itu bermunculan kembali - Masjid Jami Muslimin Darpoyudan Kemlayan Surakarta

Pagi ini tiba-tiba kok pengen jum'atan di Masjid Jami Muslimin Darpoyudan Kemlayan Surakarta. Letaknya tidak jauh dari rumah sih, cuman rasanya mungkin sudah 20 tahun gak jum'atan disitu. Masjid ini dulu satu-satunya masjid di kalurahan Kemlayan Serengan Surakarta. Kemudian ada musholla Fatimah di barat Singosaren Plasa yang sekarang dipindah ke jalan Rajiman jadi Masjid Fatimah.





Masjid Jami Muslimin Darpoyudan adalah masjidku waktu SD sampai SMA, banyak hal manis terukir dalam diriku di masjid itu. Waktu SD kelas 4 pernah menang lomba tilawatil qur'an disitu, waktu smp kelas 2 sudah jadi sekretaris dua takmir masjid, keren sekali. Dulu kalau romadlon malemnya ikutan tadarus disitu pulang malam, paginya abis sholat shubuh keliling solo cari pengajian, waktu itu kuliah subuh luar biasa banyak dan peminatnya sangat luar biasa.
Dulu pernah juga ngurusin pengajian tafsir setelah sholat subuh, mulai dari buka masjid, adzan sampai jemput penceramah yang rumahnya di keprabon, indah sekali waktu itu. Semua itu berlangsung sampai kelas 3 smp, sewaktu SMA masjidku pindah-pindah.



Dulu bangunannya belum sebagus ini dan tadinya hanya satu lantai, lantai dua ada sekitar tahun 1980-an pertengahan atau akhir, lantainya terbuat dari kayu untuk anak-anak belajar ngaji. Rasa-rasanya waktu itu belum muncul istilah TPA deh. Dulu kepala sekolahnya Almarhumah Ibuku.



Tadi waktu jum'atan disitu sepi jama'ah, maklum biasanya ramai oleh pekerja disekitar kemlayan, sekarang hanya dihadiri oleh penduduk asli dan mereka yang mudik dari luar kota. Masih banyak muka lama yang kukenal, cuman tadi belum sempet cerita-cerita aja sama mereka. Moga bisa menikmati masjid seperti waktu itu lagi, amin.
Rasanya  banyaaaakkkk sekali yang mau kutuliskan disini tentang hidupku di Masjid Jami' Muslimin Darpoyudan, bagian hidupku yang sangat amat manis sekali.

No comments:

Post a Comment