Laman

Friday, November 10, 2017

Anak Sulung Itu Telah Kembali

Tadi habis pulang makan malam dapet kabar dari Bunda Niya kalau Bona dapet musibah di tabrak mobil, padahal katanya habis maghrib tadi sudah pulang dan maem. Mendadak langsung aku sedih padahal sudah 292 hari tidak bertemu. Kenangan manis bersama Bona selama 5 bulan pertama kehidupannya serasa terputar ulang di depan mata. Serasa sulit sekali membendung basahnya air mata ini, Bona itu kucing yang baik hati sekali.




Bona adalah anak yang lahir pertama dari Noni; kucing pertama di rumahku di Kauman. Lahir 5 bersaudara tapi yang sampai dewasa hanya 3, 2 saudaranya yang terlahir terakhir tidak berumur lebih dari satu minggu. Tepatnya hanya 3 hari, mereka berdua tak sanggup untuk mencari air susu induknya. Waktu itu sudah kuusahakan beli susu formula untuk Kucing dan dot-nya cuman sepertinya tidak berhasil disedot.
Kelahiran Bona dan saudara-saudaranya sangatlah berkesan, karena aku juga yang mengikat dan memotong semua ari-ari mereka serta setelah itu memberikan BETADINE ke bekas  pusar yang terpotong.

Bona umur 3 hari [ rabu 24 agustus 2016 ]. Kirinya MIO kanan MOZA.
Tiga hari pertama menantang sekali karena ada rasa kaget, gembira dan sedih jadi satu. Alhamdulillah 3 anak kucing yang lahir pertama lahap sekali minum ASI dari induknya dan untungnya pula induknya mau menyusui; karena dari diskusi di komunitas kucing, ada saja induk yang tidak mau menyusui anaknya.
Noni terlihat sangat lemah dan setiap hari kukasih kucing telor dan minum susu Bear Brand...... ya Bear Brand lho. Biar kuat dan sehat selama habis melahirkan untuk pertama kalinya. Alhamdulillah Noni lahap sekali makan kuning telor [ seingatku 3 kali sehari ].

Bona umur 18 hari. [ kamis 8 september 2016 ]
Umur 10 hari kotak tempat 3 bayi kucing sudah terlihat kotor dan bau jadi Bona, Mio dan Moza pindah dari kotak merah ke kotak hijau dan tentunya dengan alas handuk yang baru. Segala sesuatu berjalan baik, sepertinya mereka belum bisa melihat jelas cuman kalau induknya masuk kotak langsung bisa mencari titik dimana dapet asupan nutrisi, mashaALLOH.

Bona umur 33 hari. [ jumat 23 september 2016 ]
Umur 30 hari Bona dan saudara-saudaranya sudah bisa lompat keluar dari dalam kotak yang bertinggi sekitar 30 centimeter; kalau dimasukkan kotak lagi bisa keluar lagi dengan sangat lincah dan mulailah rumah jadi ramai sekali karena ada 3 mahluk kecil yang berjalan ke segala penjuru arah sesuka mereka sendiri. Subhanalloh walhamdulillah ketiganya langsung bisa maem biskuit untuk Kitten tanpa ada yang ngajarin.

Bona umur 62 hari. [ sabtu 22 oktober 2016 ]
Umur 2 bulan sudah sangat pintar; foto diatas adalah Bona pas di ujung gulungan karpet yang tingginya sekitar 170 centimeter. Dia sudah bisa naik sendiri dan turun sendiri. Kalau naik bisa sangat cepat tapi kalau turun pelan pelan. Tiap hari berlarian kesana kemari, nabrak apapun yang ada disekitar mereka, sampai-sampai headsetku jatuh beberapa kali dari meja dan akhirnya sebelah tidak berfungsi karena sering jatuh.

Bona umur 96 hari [ jumat 25 november 2016 ]
Umur 3 bulan sudah dekat sekali denganku; mereka selalu berada dekat sekali denganku dimanapun aku berada di dalam rumah. Bisa-bisa malahan mereka bobok di mejaku kalau pas aku lagi istirahat.

Bona umur 96 hari [ jumat 25 november 2016 ]

Bona umur 100 hari. [ selasa 29 november 2016 ]
Kadang mereka bobok dipangkuanku sampai kakiku kesemutan, bisa dilihat difoto atas ini Bona tergeletak nyaman dipangkuanku saat aku bersila didepan laptop mengerjakan sesuatu.

Bona umur 126 hari [ jumat 25 desember 2016 ]
Karena merasa butuh ketenangan aku pindah ke lantai dua, tapi dasar kucing pinter bisa aja dia masuk menyelinap lewat jendela dan cuman mau nemenin aku mengerjakan sesuatu.

Bona umur 129 hari [ jumat 28 desember 2016 ]
Dan ujung-ujungnya, ya gitu kalau sudah lama tidak diperhatikan. Dia ambil posisi dimana aku harus memberikan perhatian padanya.
.
Bona umur 153 hari ( pas Ulang Bulan kelima ) [ sabtu 21 januari 2017 ]
Malam terkahir bercanda dengan Bona sebelum esok harinya menjadi warga baru di rumah Niya.

4 comments: